Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Rabu, 10 April 2013

Bumil Wajib Perhatikan Posisi Tidur

Kompas.com - Selain memperhatikan jam tidur, wanita hamil juga perlu memperhatikan posisi tidur. Posisi tidur yang baik akan berdampak positif pada kesehatan ibu dan janin. Posisi tidur juga mempengaruhi gerakan, pertumbuhan,dan perkembangan janin.

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Adrienne Gordon dari Sydney's Royal Prince Alfred Hospital menemukan fakta bumil yang tidur bersandar pada punggug memiliki risiko 6 kali lebih besar menyebabkan bayi meninggal (stillbirth). Stillbirth adalah kondisi bayi lahir meninggal dengan usia kehamilan 24 minggu. "Dari 295 wanita yang diteliti, sebanyak 103 wanita kehilangan bayi dengan posisi tidur telentang," kata Gordon.

Posisi tidur mempengaruhi aliran darah menuju rahim. Selain itu posisi tidur juga berperan penting dalam menentukan kerja ginjal. Menurut Gordon, posisi tidur telentang atau miring kanan akan mengganggu saluran inferior vena cava. Saluran yang membawa aliran darah balik menuju jantung dari badan dan area tubuh bagian bawah.

Posisi tidur telentang atau miring kanan akan mengakibatkan penekanan pada saluran yang membawa darah kaya karbondioksida tersebut. Akibatnya tubuh kekurangan asupan oksigen yang dibawa lewat aliran darah.

Wanita hamil sebaiknya tidur dengan posisi miring kiri. "Posisi ini berpotensi menjaga aliran darah dan asupan oksigen bagi janin tetap lancar," kata ahli tidur dr. Adreas Prasadja RPSGT dari RS. Mitra Kemayoran.

Saran bumil untuk tidur miring kiri juga didasarkan pada kondisi yang disebut supine hypotension syndrome atau rasa pusing dan mual bila berbaring menggunakan punggung. Walau tidak semua wanita hamil mengalami, kondisi ini kerap terjadi pada trimester akhir kehamilan. Namun ada juga bumil yang mengalaminya pada trimester awal kehamilan. Kondisi ini memaksa bumil merubah posisi tidur dari telentang menjadi miring ke satu sisi.



Sumber Kompas



Info Alkes

0 comments:

Posting Komentar