Penyedia Alat Kesehatan Terlengkap

Kami penyedia jasa supply alat kesehatan, peralatan laboratorium, medical, mechanical, elektrical, environmental engineering terlengkap dan terpercaya. Kami melayani penjualan retail dan pemesanan khusus.

Untuk informasi lanjut, hubungi kami di
no telp -,
email: alkesritel@yahoo.com
website: alkesritel.blogspot.com.

Kamis, 11 April 2013

Pria Juga Perlu Vaksinasi HPV

KOMPAS.com - Human Papilloma Virus (HPV) yang selama ini dikenal sebagai penyebab terbesar kanker serviks di kalangan wanita ternyata juga menyerang pria. Oleh sebab itu, bukan hanya kaum Hawa yang perlu melakukan vaksinasi HPV, tetapi juga para lelaki.

HPV dikenal memiliki banyak tipe, baik yang berisiko rendah maupun yang berisiko tinggi menimbulkan penyakit. Tipe yang berisiko tinggi, termasuk tipe yang menyebabkan kanker serviks memang lebih berbahaya bagi wanita. Namun ada pula tipe penyebab penyakit condylomata acuminate atau kutil kelamin yang juga menyerang pria.

Wresti Indriatmi, dokter spesialis kulit kelamin dari Fakultas Kedokteran Indonesia Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) mengatakan, penyebab kutil kelamin adalah HPV tipe 6 dan 11. Virus ini dapat menyerang baik pria maupun wanita.

Menurut Wresti, kutil kelamin dapat menurunkan kualitas hidup bagi penderitanya. "Penurunan kualitas hidup dikarenakan rasa cemas, malu, dan kehilangan rasa percaya diri terutama saat berhubungan seksual dengan pasangan," tuturnya dalam acara simposium dokter yang diadakan oleh Indonesian Working Group (IWG) Selasa (2/4/2013) di Jakarta.

Prevalensi kutil kelamin di Indonesia terus meningkat dalam 10 tahun terakhir. Bahkan, selama tahun 2008-2011, jumlah kasus kutil kelamin menduduki peringkat tertinggi untuk golongan infeksi menular seksual (IMS) di RSCM. Jumlahnya mencapai hingga 20,5-26 persen dari seluruh kasus IMS.

Penularan kutil kelamin, kata Wresti, dapat terjadi akibat hubungan seksual dengan pasangan yang sudah terinfeksi. "Namun jangan dulu curiga bila pasangan Anda menderita kutil kelamin, karena penyebabnya bukan hanya dari hubungan seksual saja," cetusnya.

Tidak memperhatikan kebersihan alat kelamin juga salah satu faktor yang meningkatkan risiko terinfeksi HPV. "HPV tipe 6 dan 11 dapat berkembang dengan baik dalam keadaan lembab, sehingga kelamin sebaiknya dijaga agar tidak lembab," jelas Wresti.

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis penyakit dalam FKUI/RSCM Prof. Samsuridjal Djauzi mengatakan, vaksinasi menjadi faktor penting dalam mencegah penularan HPV. "Oleh karena pria juga bisa terserang HPV, maka mereka pun perlu vaksinasi," ungkapnya.

Samsuridjal mengatakan, waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi adalah saat usia 10-26 tahun atau sebelum aktif dalam kegiatan seksual. Jika sudah aktif secara seksual, maka sebelum melakukan vaksinasi sebaiknya dilakukan skrining untuk mengetahui apabila sudah terjadi infeksi HPV.



Sumber Kompas



Info Alkes

0 comments:

Posting Komentar